Home » » ABDUL MUIS

ABDUL MUIS

Pahlawan Pergerakan Nasional
SK Presiden: No.218/1959
Lahir      :Sungai Puar,Bukittinggi,3 Juli 1883
Wafat     :Bandung, 17 Juni 1959
Makam   :Bandung

Perlawanan terhadap penjajahan Belanda dilakukannya tanpa kenal lelah dengan berbagai cara. Di antaranya melalui tulisan-tulisannya yang tajam sebagai wartawan, melalui partai politik, komite perlawanan orang pribumi, bahkan memimpin mogok kerja. Sebagai seseorang wartawan, tulisan Abdul Muis merupakan tulisan perlawanan terhdap Belanda.

Ia juga mendirikan Komite Bumiputera bersama tokoh-tokoh  pergeragan nasional lainnya sebagai bentuk perlawanan terhadap rencana Pemerintahan Belanda.
Sebelum terjun  menekuni dunia kewartawanan, Abdul Muis sempat menjadi pegawai negri. pekerjaan itu hanya dijalani beberapa saat beberapa setelah memutuskan untuk tidak meneruskan sekolah di STOVIA (sekolah dokter). Namanya mulai dikenal ketika karangannya yang banyak dimuat di harian de Express selalu mengcam tulisan orang-orang Belanda yang sangat menghina bangsa Indonesia.

Abdul muis bergabung sarekat Islam. Perlawanananya tidak hanya ditujukan kepada pemerintahan kolonial belanda, tetepi juga terhadap ajaran-ajaran yang yang tidak di setujuinya pada tahun 1913, bersama tokoh-tokoh pergerakan nasional lainya seperti Ki Hajar Dewantara, is mendirikan komite Bumiputera.

Ia juga berusaha mempengaruhi tokoh-tokoh bangsa Belanda agar mendirikan sekolah teknik indonesia. Usahanya tersebut membuahkan hasil beberapa tahun kemudian. Belanda mendirikan Technische Hooge school di Bandung yang kemudian menjadi institut Teknologi Bandung (ITB) sekarang.

Abdul Muis terkenal sebagai orang yang selalu membela kepentingan rakyat kecil. Ia sering berkunjung ke daerah-daerah untuk membela rakyat kecil sambil membangkitkan semangat  para pemuda agar semakin giat berjuang untuk kemerdekaan bangsa dan tanah air Indonesia.

Disamping terkenal sebagai pejuang kemerdekaan, ia juga terkenal sebagai seseorang sastrawan indonesia. Karya sastra yang berjudul "Salah Asuhan" yang sangat terkenal itu merupakan salah satu dari karyanya.

icons8_facebook_48 Comments
icon_logo32 0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar Sebelum Pergi


KIN RADIO 90,70 FM