Home » » PELUANG BUDIDAYA BUAH NAGA MERAH

PELUANG BUDIDAYA BUAH NAGA MERAH


Peluang budidaya buah naga sangat menjanjikan akan tetapi perlu diketahui juga  modal awal yang diperlukan juga lumayan besar. Jika memiliki tanaman buah naga 2 Hektar – 3 Hektar, diperlukan perawatan yang ekstra yaitu 3 jam sehari untuk berkeliling dilahan buah naga. Untuk sekedar membersihkan dan melihat perkembangan buah naga. Jika perawatan dilakukan dengan baik 1 tiang buah naga bisa menghasilkan sampai 40 buah dalam 1 musim.

Untuk membudidayakan buah naga tidaklah sulit, karena pada tanaman buah naga tidak memiliki penyakit yang membuat petani pusing. Penyakit yang ada dalam buah naga hanya lobang kecil, dan itu jika dibiarkan akan membusuk sendiri dan tinggal dipangkas saja. Jika batang buah naga menguning itu hal yang wajar, bisa jadi kekurangan unsur hara atau pupuk.
Cara perawatannya pun cukup mudah, hanya membersihkan rumput yang berada disekitar tiang buah naga, memotong batang buah naga yang sudah terlalu panjang, dan meyiramnya 5 hari sekali jika musim kemarau.

Pada budidaya buah naga merah menghasilkan sampai 40 buah setiap tiangnya, jika 1 buahnya berat normal adalah 500 gram, maka 1 tiang buah naga milik bisa menghasilkan 20kg/musim. Harga normal buah naga merah dari petani yang hanya menggunakan pupuk oraganik adalah 15 ribu/kg. Harga tidak untuk semua daerah.

Jika seorang petani memiliki 100 tiang maka profit yang didapatkan adalah 30 juta/musim, dari hasil panen sebanyak 2 ton. Cara untuk menambah omset dari buah naga ini adalah tambahkan jumlah tiang buah naga. Semakin banyak jumlah tanaman buah naga yang ditanam seorang petani buah naga, maka profit yang dihasilkan juga semakin banyak.
Lalu berapa modal awal untuk 1 tiang. Modal awal menanam buah naga bukanlah modal yang murah, namun dalam waktu satu tahun anda sudah dapat memanen, walaupun hasilnya belum maksimal. Dan tanaman ini bisa bertahan hingga 20 tahun. 20 tahun itu hanya batang pkoknya saja, untuk batang yang berada dibagian atas masih bisa digunakan. Bisa dikatankan jenis tanaman ini bisa hidup terus menerus.

Modal yang dikeluarkan untuk membangun 1 tiang buah naga adalah 120 ribu. Berikut adalah detailnya :

1. Tiang buah naga berupa cor semen
2. 4 batang buah naga
3. Cor keliling untuk garis pemberian pupuk bisa
4. Serta cor tambahan untuk menopang batang buah naga yang berada dibagian atas
Perbatang bibit buah naga merah harganya mencapai 25 sampai 35 ribu.  Jika dibandingkan dengan umur buah naga yang tidak akan habis dan hasil yang didapatkan juga lumayan, itu tidak menjadi masalah.
Tips agar sedikit mengirit untuk mengelola bisnis buah naga. belilah beberapa batang buah naga, dan budidayakanlah sampai banyak, mungkin bisa 1 atau 2 tahun, sudah bisa mendapatkan bibit buah naga banyak namun tidak memerlukan uang yang banyak.
icons8_facebook_48 Comments
icon_logo32 0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar Sebelum Pergi


KIN RADIO 90,70 FM