Home » » KONSUMSI UBI KAYU UNTUK MENJAGA KESEHATAN

KONSUMSI UBI KAYU UNTUK MENJAGA KESEHATAN

Ubi_Kayu_Menjaga_Kesehatan

Ubi kayu merupakan makanan yang sering kita konsumsi. Biasanya ubi kayu diolah menjadi berbagai menu makanan seperti Ubi Goreng, Ubi Rebus, keripik, kolak hingga onde-onde. Selain memiliki cita rasa gurih dan empuk, ubi kayu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Tanaman ubi kayu banyak tumbuh di daerah tropis seperti Afrika dan Asia Tenggara. Akar dan daunnya merupakan bagian yang sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan makanan. Berbagai macam varian olahan singkong kini mudah ditemui di beberapa daerah di Indonesia.

Ubi kayu memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Sehingga hal ini dapat berfungsi efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, masih banyak kandungan lainnya yang memiliki manfaat untuk kesehatan, Berikut beberapa manfaat ubi kayu yang perlu diketahui :

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat ubi kayu pertama ialah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan beta karoten pada ubi kayu dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga mengonsumsi ubi kayu secara rutin dan teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin mengonsumsi ubi kayu. Kandungan kalium pada ubi kayu berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kalium memiliki risiko terkena penyakit hipertensi jauh lebih rendah.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya saat mengonsumsi ubi kayu tidak menggunakan garam terlalu tinggi. Pasalnya penggunaan garam berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi.

Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada 2018 angka kematian akibat penyakit kanker mencapai 9,8 juta orang. Sehingga sejak dini upaya pencegahan kanker harus dilakukan.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker ialah rutin mengonsumsi ubi kayu. Ubi kayu mengandung beta karoten yang efektif menurunkan risiko penyakit kanker. Selain itu, kandungan ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan, disarankan untuk mengonsumsi ubi kayu. Kandungan beta karoten pada ubi jalar berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi mencegah berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan mata, seperti rabun jauh hingga katarak.

Untuk mendapatkan manfaat dari kandungan ubi kayu ini, sebaiknya Anda mengonsumsi sekitar 200 gram ubi kayu yang sudah direbus. Cara ini diyakini cukup efektif untuk menjaga mata dari kerusakan

Menjaga Fungsi Otak

Ubi kayu juga dapat berpotensi untuk menjaga kinerja otak, hal ini karena kandungan zat kolin yang terdapat pada ubi kayu berfungsi efektif membantu proses kimiawi dalam sel saraf. Sehingga kandungan ini berperan penting mempertahankan membran sel dan meningkatkan memori dan menangkal radikal bebas.

Mencegah Penuaan Dini

Selain memiliki banyak manfaat untuk mencegah berbagai macam penyakit, mengonsumsi ubi kayu juga berfungsi efektif mencegah penuaan dini. Ubi kayu memiliki kandungan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A yang dapat mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Sehingga hal ini dapat secara efektif menghambat proses penuaan dini.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu, sudah seharusnya harus ada upaya pencegahan sejak dini. Salah satu cara paling mudah untuk mencegah penyakit jantung ialah mengonsumsi ubi jalar secara teratur. Ubi kayu memiliki kandungan serat dan kalium yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol berlebih dalam darah, sehingga hal ini berfungsi efektif mencegah penyakit jantung.

Mencegah Diabetes

Manfaat ubi jalar lainnya ialah dapat mencegah penyakit diabetes. Pasalnya ubi jalar memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Dilansir dari laman Healthline, sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi ubi jalar secara teratur berfungsi efektif mengurangi resistensi sel-sel terhadap insulin. Sehingga hal ini dapat mencegah penyakit diabetes yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah.

icons8_facebook_48 Comments
icon_logo32 0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tinggalkan Komentar Sebelum Pergi


KIN RADIO 90,70 FM